peredam suara

Peredam Suara

Posted 2 CommentsPosted in jasa pembuatan studio musik, Peredam Suara

Teknik Pemasangan Peredam Suara

Teknik pemasangan peredam suara ini menjadi sangat penting untuk hasil yang maksimal.
Karna apa??.. Jika teknik pemasangannya salah, maka fungsi bahan peredam yang digunakan maksimal hanya diangka 15-25% saja.
Sebab apa??.. mari kita simak hal berikut ini

Teknik pemasangan peredam yang ingin saya bahas ini khusus yang berkaitan dengan peredam studio musik dan recording, jasa pemasangan peredam suara, serta unsur-unsur pendukungnya. Maka urutan yang akan saya bahas antara lain :

A. Jenis Peredam Suara yang umum digunakan untuk studio musik

  • Glasswoll, Rockwoll, Greenwool.
  • Basstrap pabrikan.
  • Basstrap custom.
  • Masih banyak jenis peredam suara lainnya.

Jenis Peredam Suara

B. Bentuk ruangan yang ideal untuk studio musik

C. Jasa Pemasangan Peredam Suara Dari Bermacam Harga

D. Teknik pemasangan kedap suara yang benar.

  • Membedakan antara peredam dan gema/pantulan.
  • Gambar-gambar pendukung untuk teknik pemasangan.
  • Spesifikasi yang dibutuhkan untuk peredam suara studio musik & material pendukung.

E. Pemasangan peredam suara studio musik.

F. Pemasangan peredam ruang recourding.

G. Pilihan Spesipikasi & Harga Peredam Suara (dari yang murah sampai dengan yang mahal)

 

Berikut penjelasannya :

Jenis Peredam Suara
(yang umum digunakan untuk studio musik)

Glasswoll, Rockwoll, Greenwool

Jenis peredam suara ini sangat umum digunakan dikarenakan harganya cukup ekonomis, tapi bagi saya fungsi dari beberapa jenis peredam suara ini agak sedikit berbeda, dan saya kategorikan menjadi 4, yaitu :

Glasswoll

Dikarenakan kerapatan pori-pori/density dari glasswoll ini dikategorikan jarang (walau kita bisah memilih densitynya) maka fungsinya pun berbeda. Ini saya gudakan untuk meredam kebocoran suara ruangan awal. Nanti cara kerjanya akan dibahas dibawah konten ini.

Rockwoll dan Greenwool

Jenis peredam suara inilah yang saya gunakan sebagai peredam utamanya. Hasil akhir dari ke2 jenis peredam suara ini hampir sama hanya yang membedakan secara mencolok adalah greenwoll lebih ramah lingkungan dan sedikit lebih mahal harganya.

Basstrap Pabrikan

Jenis peredam suara ini saya lebih mengarahkannya kegema ruangan/pantulan, bukan sebagai peredam utama karena berkaitan dengan densitynya.

Bentuk peredam ini biasanya orang menyebutnya busa telur, busa piramid, penggilesan, dll.
Karena bentuknya tidak polos/tidak rata maka jenis ini sangat baik untuk menghalau gema atau pantulan.

Basstrap Custom

Jenis peredam suara ini adalah hasil karya pengrajin (kontaktor). Biasanya berbahan dasar glasswoll, rockwoll atau greenwool, malah terkadang bagi kontarktor yang kreatif atau tau fungsi 3 jenis peredam suara itu mengkombinasikannya dari 2 atau 3 jenis bahan peredam suara tersebut.

Jenis peredam suara inilah yang sangat saya sarankan tetapi isiannya harus mengkombinasikannya dari 2 atau 3 jenis bahan peredam suara yang berbeda, karena fungsi masing2nya berbeda.

Gambaran Estimasi Harga Peredam Suara

harga peredam suara


Bentuk Ruangan Yang Ideal Untuk Studio Musik

  1. Dari sisi peredam : Semakin lebar semakin mudah ditanggulangi system peredamannya.
  2. Dari sesi gema : Semakin lebar semakin bergema (suara memantul).
  3. Bentuk ruangan semakin persegi semakin buruk, contoh akan lebih baik ruangan ukuran 4×6 m ketimbang 5×5 m.

Solusinya :

Untuk masalah ruangan yang ideal di konten 1 dan 2 gampangnya anda mengambil sisi baik dari konten 1, karena apaa?? karena pantulan lebih mudah ditanggulangi ketimbang system peredaman.

Disamping itu walaupun system peredamnya sudah baik jika semakin kecil ruangan akan semakin bising. Akan tidak nyaman orang yang berada didalam studio musik tersebut.

Kesimpulan di paragraf ini adalah :
  • Usahakan ruangan untuk studio musik itu berbentuk persegi panjang, atau ada jenjang leter L atau T sedikit akan lebih baik.
  • Usahakan jika memungkinkan ruangan terkecil adalah 3,5 x 5 meter. Semakin luas sedikit semakin bagus (ingat bentuk baiknya berbentuk balok jangan kubus).
  • Pantulan suara dapat diredam jika desain akustik anda bagus, Bercorak atau tidak polos.

 

Teknik Pemasangan Peredam Suara Studio Musik

Ini adalah menjadi final dari hasil pemasangan peredam suara yaitu teknik pemasangannya. Karena apaa?? karena jika salah menginstalasi peredam suara akan mengurangi jauh fungsi dari jenis peredam suara diatas tadi, bahkan hanya optimal tidak lebih dari 25% menanggulang kebocoran.

Jadi suara yang tembus/bocor masih 75%… sayang kan bro…!! padahal jika pemasangannya ini benar maka kebocoran yang timbul tidak lebih dari 15%.

Masalah lain adalah biasanya owner/pemilik memilih harga yang paling murah, ini lah yang menjadi bumerang sebetulnya, karena kontraktor tidak mungkin mengasih spesifikasi yang tinggi (barkaitan dengan density tadi) & teknik pemasangan yang benar (karena butuh material pendukung lainnya) jika harganya murah.,, hehehe.

 

Membedakan Antara Peredam dan Gema/pantulan.

Terkadang orang salah kaprah dari ke 2 subjek tersebut. Jelas berbeda antara peredam dan gema.

Peredam suara adalah membungkam, menahan, membungkus atau mengunci rapat-rapat agar suara tidak keluar, sedangkan

Gema adalah gaung atau pantulan suara yang ngalor-ngidul yang timbul dari effek sound system atau alat perkusi, dll didalam ruangan tersebut. Kesan yang timbul dari gema akan terasa seperti bising, gaduh.
Cara menanggulanginya adalah dengan menbuat dinding2 tidak rata, empuk (tidak solid, bisa dengan partisi pendek atau dengan basstrep2 pabrikan yang terlihat cantik.

Sering terjadi karena para pengguna studio musik (penyewa rental studio) tidak sadar estetika bermusik secara band. Ego player menjadikan saling menyambut setelan gain ampli mereka setinggi mungkin.

Disinilah dibutukkan soundman yang mengerti hal ini. Yang dapat dikontrol semua sound system dari ruang operator, atau bahkan mengakali ampli-ampli dari perangkat eloktronikanya. (gambaran gampangnya kita punya potensio tersembunyi dari perangkat ampli tersebut, hehehe…).

Teknik ini sangat ampuh dan banyak keuntungannya, antara lain perangkat studio kita akan jauh lebih awet, mereka/penyewa akan dididik paksa untuk terbiasa pendengaran setelan sound mereka setara soundman yang terdidik.

 

Gambar Pendukung Untuk Teknik Pemasangan Peredam Suara Ruangan

Berkaitan dengan hal diatas subjek yang berbeda antara peredam suara dan gema suara maka dipastikan teknik pemasangannya pun berbeda.

Berikut ini adalah gambar dari pemasangan peredam yang benar.

peredam suara
atau gambar kurang lebih seperti diatas secara step by stepnya. Inti dari gambar ini adalah ada celah disetiap dinding, lantai dan atap.

Spesifikasi Yang Dibutuhkan Untuk Peredam Suara Studio Musik & Material Pendukung

Studio musik menghasilkan suara yang kuat, walaupun tidak harus kuat, setidaknya bagi anda yang ingin rental studio musik sudah memikirkan hal ini. Jadi anda akan tau spesifikasi mana yang anda butuhkan.

Harga belum tentu menentukan spesifikasi yang bagus tetapi spesifikasi yang bagus pasti memerlukan harga yang tinggi… maksud saya disini anda harus peka dan pintar-pintar meminta spesifikasi yang bagus dengan harga yang menarik juga teknik pemasangan yang benar.

Jika kita lihat gambar diatas maka anda harus cocokan material, rangka yang banyak, jenis material rangka (baiknya terbuat dari kayu), dll,.. ya menjadi agak mahal.

Spesifikasi materialnya kurang lebih seperti gambar diatas. Untuk pengganti lapisan dinding agar lebih murah bahan kayu/triplek bisa diganti busa eva (seperti lapisan/lidah sepatu).

Untuk Jasa Pemasangan Silahkan Hubungi Kami…


Pemasangan Peredam Suara Studio Musik

Selain cara pemasangan seperti gambar diatas, ada bentuk peredam basstrap custom yang sudah didesain seperti inti gambar diatas. Dan alternatif ini akan jauh lebih murah dengan tujuan yang hampir sama.

Kelebihan basstrap pemasangannya cepat, tidak kotor pada saat instalasi, dapat dibongkar pasang dengan mudah, corak yang menarik, tidak memerlukan finishing yang berlebih karena basstrap sendiri sudah terlihat manis wujudnya.

basstrap

Seperti bentuk gambar peredam suara diatas peredam suaranya cukup bagus sekaligus akustik ruangan bisa diminimalisir. Jika masih ada gema yang timbul kita tinggal tambahkan basstrap pabrikan yang biasanya diletakan di sudut-sudut ruangan.

Jika ilustrasinya menggunakan peredam langsung didinding berikut gambar fotonya.
Diarea dinding belakang peletakan instrumen drum baiknya dibuat bank penjebak suara yang agak luas dengan double pemasangan dinding peredam suaranya.

cara pasang peredam suara

Gambar 1. menunjukan lubang untuk penjebak suara dan dibelakang lubang tersebur ada ruangan kosong minimal 10cm untuk bank penjebak suara tadi. Dengan finishing dinding tetap rata, lubang ditutup grill atau kain.

Gambar 2. dinding miring menunjukan juga adanya ruangan kosong dibelakangnya sebagai bank penjebak suara.

Gambar 3. Menunjukan pemasangan pintu studio musik yang benar. Terdapat 2 pintu dengan spasi ruangan + 90 s/d 1 mtr. Dimaksudkan agar jika pintu 1 dibuka pintu 2 nya masih mengcover peredam dan sebaliknya. Fungsi ini juga untuk menjadikan ruangan kecil tersebut sebagai bank penjebakan suara ke 2.

 

Pemasangan Peredam Ruang Recourding

Secara garis besar pemasangan peredam ruang recourding hampir sama atau sedikit extra spesifikasinya. Terpenting dari ruang recourding yang lain adalah menanggulangi pantulan/gema suara yang lebih. Biasanya diletakan basstrap2 pabrikan dititik2 tertentu yang dominan terjadi gema. Seperti disudut-sudut ruangan, belakang peletakan drum, belakang speaker, bahkan banyak basstrap yang mengelilingi dinding.

Extra untuk ruang take vocal, biasanya dibuat ruangan tersendiri yang lebih kecil atau dipartisi khusus (yang bisa dibongkar pasang) untuk menghindari pantulan/gema tadi.

peredam suara studio

Catatan :

Anda juga harus memperhitungkan dan menanggulangi dampak suara dari luar yang masuk, seperti suara kendaraan, klakson, azan, dll. Ini menjadi persyaratan mutlak untuk ruang recording.

 

Pilihan Spesipikasi & Harga Kedap Suara

Berikut adalah beberapa tabel yang bisa anda pilih acak sesuai kebutuhan dan budget anda

DINDING (Spesifikasi dan Harga Kedap Suara)
harga peredam suara dinding
LANTAI (Spesifikasi dan Harga Kedap Suara)
harga peredam suara lantai
PLAFON (Spesifikasi dan Harga Kedap Suara)
harga peredam suara plafon

Anda butuh jasa pemasangan peredam  silahkan hubungi kami di…

 

Semoga bermanfaat
Rafi

GesanG Music Course

Contoh Desain Proyek
jasa peredam suara
jasa peredam suara

Foto Finishing Proyek
jasa peredam suara ruangan
jasa peredam suara ruangan
jasa peredam suara ruangan
jasa peredam suara ruangan
jasa peredam suara ruangan

Foto – Foto Proyek
jasa pemasangan peredam suara studio musik

pekerjaan jasa peredam suara

peredam suara murah, peredam suara ruangan, jasa peredam suara ruangan, peredam suara gedung, biaya pasang peredam suara, biaya peredam suara ruang karaoke, jasa pemasangan peredam ruangan home theater

ebook sidebar

Tangga Nada Kromatik

Posted Leave a commentPosted in Belajar Gitar, Buku Gitar

Tangga nada kromatik berisi 12 nada dengan jarak 1/2 nada disetiap not-notnya. Induk dari tangga nada ini adalah tangga nada diatonik mayor, anda bisa lihat penjabarannya  >>disini

Tangga Nada Kromatik

Jika kita kembali ketangga nada mayor, jarak nadanya berisi 1/2 dan 1 nada, nah.. pada bagian 1 nada tersebut dipecah menjadi masing-masing 1/2 nada.
Atau gampangnya semua nada yang ada itulah yang disebut tangga nada kromatik. Jika diaplikasikan pada gitar maka kolom/fret ditekan lalu maju, 1 fret sampai dengan 12 fret… itulah yang disebut tangga nada klomatik.

Perhatikan gambar berikut
tangga nada kromatik

Gambar tersebut adalah pola 12 nada yang ada (kromatik). Pattern tersebut dibuat agar lebih mudah untuk memainkannya. Dan gambar tersebut juga dapat digunakan untuk isian melodi. Dalam isian pattern kromatik untuk melodi, anda sebaiknya sudah paham betul dengan tangga nada ini, sebab terlihat mudah tapi sulit untuk mengaplikasikannya agar fill melodi anda terasa lebih bernilai.
Jenis tangga nada ini sering kali digunakan pada pemain bass walau tidak sedikit digunakan para gitaris dalam materi melodinya.

Not-not kromatik muncul sering sekali dalam lagu-lagu pop, rohani,  jazz dan blues, bahkan beberapa band rock juga menggunakan tangga nada ini. Dalam lagu-lagu pop dan rohani, not-not ini sering kali tangga nada kromatiknya dimainkan hanya sesaat dalam badan lagu.
Misal sebuah lagu menggunakan tangga nada C, lalu disaat-saat tertentu berubah ke C# lalu kembali lagi ke C atau maju ke D lalu ke D#, dan berkhir di E.

 Jika artikel ini bermanfaat bagi anda artinya ada kemungkinan juga bermanfaat untuk orang lain, saya berterima kasih jika artikel ini anda bantu share ke sosial media anda. 

Anda dapat dengan mudah belajar gitar melalui WA guru kami… >> Infonya klik disini

Informasi seputar belajar gitar silahkan anda pilih dan klik :

 

Silahkan bertanya, menambahkan materi atau saran anda melalui kotak komentar dibawah. Agar materi ini semakin lebar dan bermanfaat.
Jangan lupa share yaa…

Salam Gitar… and selamat mencoba

Pilih Materi Selanjutnya
 << Klik >> 

Rafi
Gesang Music Course

belajar gitar

Tangga Nada

Posted Leave a commentPosted in Belajar Gitar, Buku Gitar, Kursus Gitar, Kursus Gitar Online

Apa itu tangga nada?… adalah serangkaian not yang disusun mengikuti urutan abjad. Urutan abjad ini lazimnya ditulis dengan memakai huruf besar.
Bisa dimulai dari huruf A (sebagai not pertama – rendah), dan berakhir dengan A’ (not ke delapan – tinggi). Not ke delapan ini disebut oktaf.

Urutan nadanya adalah : A B C D E F G A’. Kalau dibunyikan dengan memakai not, urutan abjad ini berbunyi : la, si, do, re, mi, fa, sol, la. (nada ini berpatokan dengan dasar C)

Penting : Memahami jarak nada

Jarak Nada

Pola yang mendasar dari tangga nada adalah jarak nada yang terdiri dari satu nada dan setengah nada.
Pada gitar enam senar, jarak satu nada dimainkan pada dua fret yang berdekatan sementara setengah nada dimainkan satu fret.
(untuk tangga nada lainnya ada yang berjarak 1 1/2 nada atau lebih, misal tangga nada pentatonic, blues, dll) jarak 1 1/2 nada = 3 fret pada gitar.

Agar lebih praktis tangga nada yang akan saya bahas adalah “C” (dimulai dari do=C).
Maka urutannya akan menjadi C-D-E-F-G-A-B-C’ dan berbunyi do-re-mi-fa-sol-la-si-do’. (nada yang saya warnai merah adalah nada ke-8/oktaf-tinggi).

Nada C-D-E-F-G-A-B-C’ berjarak  1 – 1 – ½ – 1 – 1 – 1 – ½ , perhatikan gambar berikut

jarak nada

Jarak 1/2 Nada

Dari bentuk polanya (perhatikan gambar), ada dua pasang not yang masing-masing membentuk setengah nada (satu fret).

  1. Antara Nada E dan F, lalu
  2. Antara B dan C.

Sedangkan pasangan lain (C-D, D-E, F-G, G-A, dan A-B) masing-masing membentuk satu nada.

Dalam bahasa Inggris, satu nada disebut “tone” sementara setengah nada disebut “semitone”.

yang lagi bikin studio musik wajib baca ini..!

Tiga Jenis Tangg Nada

Ada tiga jenis tangga nada utama dalam ilmu musik.

  1. Mayor
  2. Kromatik, dan
  3. Minor
Tangga Nada Diatonik Mayor

Tangga nada mayor (diatonik mayor) lazimnya dipakai untuk menciptakan lagu-lagu yang bersuasana optimistik yang ceria, cerah, manis, merdu.
Tangga nada ini paling sering dipakai untuk menciptakan lagu, termasuk lagu-lagu pop hit, rock dll yang bertahan selama ratusan tahun.
Karena itu, sebagian besar pelajaran pada tingkat dasar akan memakai jenis tangga nada ini.

Chord yang digunakan

Urutan tangga nada diatonik mayor yang akan kita pakai kali ini untuk mempelajari dan menguasai berbagai chord dan progresi chord.
Untuk nada C-D-E-F-G-A-B-C . Karena berawalan dan berakhiran C, maka tangganada diatonik mayor ini dikendalikan oleh kunci/chord C.

Catatan : Tangga nada “C Mayor” ini dipakai sebagai acuan & pengembangan untuk membentuk tangga nada lainnya

  • Jika nada dasarnya do=C maka chord yang digunakan adalah C-Dm-Em-F-G-Am-Bdim
  • Jika nada dasarnya do=G maka chord yang digunakan adalah G-Am-Bm-C-D-Em-F#dim
  • atau anda silahkan lihat tabel progresi chord berikut :
  • progresi mayor
    Tabel Progresi “C”
  • Bagaimana bentuk chord gitarnya serta progress chordnya silahkan lihat  >>klik disini lebih kumplit
  • Atau salah satu contoh gambarnya sbb :
    progresi mayor chord 1


DASAR MELODI

Pola Melodi Mayor | Mayor Scale

Melodi mayor/major scale ini secara dasar nadanya sama persis dengan yg diulas diatas yaitu, misal do=C maka nadanya adalah Nada C-D-E-F-G-A-B-C’ berjarak  1 – 1 – ½ – 1 – 1 – 1 – ½. Perhatikan gambar berikut :mayor-pattern1Untuk melihat cara baca gambar diatas bisa lihat  >>disini

Atau anda mau belajar langsung melalui buku gitar dan bebas bertanya seputar belajar gitar (langsung dari WA instruktur gitar) anda bisa klik  >>disini 
Contoh materinya antara lain :
(anda bisa klik gambar untuk info lengkapnya)
Phrygian Modes
Cover Modes

melodi gitar
salah satu contoh materi kursus gitar elektrik pentatonic minor | mayor

SILAHKAN MANFAATKAN KESEMPATAN INI

Dan masih banyak materi2 yang anda akan dapat melalui buku gitar ini dan kami berikan jaminan bebas bertanya seputar belajar gitar (langsung dari WA instruktur gitar) anda bisa klik  >>disini    

Catatan Penting : 
Perhatikan Tabel Progresi "C"
Jika anda memainkan lagu menggunakan
tangga nada C dengan progresi chord
C-Dm-Em-F-G-Am-Bdim, maka anda dapat
mencoba mengisi melodi dengan melihat
gambar mayor scale tsb.
Silahkan coba...!!

Berikut gambar fingerboard mayor scale sebagai acuan isian melodi yang lebih luas/detail
Tangga Nada Major C-G-F-A
Jangan segan-segan untuk bertanya atau menambahkan materi dan saran anda melalui kotak komentar dibawah.

Karena biar blog ini gak terlalu panjang “Tangga Nada Kromatik dan Minor” akan saya ulas dimateri berikutnya.
>> Kunjungi Tangga Nada Kromatik

Selamat mencoba

Untuk info kursus klik     “GesanG Music Course”
harga kursus online klik    “GesanG Music Online”
harga privat (guru kerumah anda)     “GesanG Music Privat”

 Jika artikel belajar gitar bermanfaat bagi anda artinya ada kemungkinan juga bermanfaat untuk orang lain, saya berterima kasih jika artikel ini anda bantu share ke sosial media anda. 

Pilih Materi Selanjutnya
 << Klik >> 

Barang kali dari teman-teman membutuhkan jasa pembuatan studio musik bisa klik >> disini

Rafi
GesanG Music Course

kursus gitar
Klik Kursus Gitar – Bass – Drum

Mau Kursus Online…!!?

Lokasi Seluruh Indonesia & Manca Negara, Berikut guru-guru kami…
GURU ROCK


GURU FINGERSTYLE or CLASSIC

Info Kursus Gitar ONLINE

gitar blues

Belajar Melodi Gitar Blues

Posted Leave a commentPosted in Belajar Gitar, Buku Gitar, Kursus Gitar, Kursus Gitar Online, Kursus Musik, Privat Gitar

Belajar gitar blues itu tak lepas dari “12 BAR BLUES”. Bagi anda yang lagi cari-cari belajar gitar blues pasti sering menemukan istilah ini. Apa sih maksudnya??

12 BAR BLUES

Jika anda perhatikan metronome dengan birama 4/4 akan berbunyi 4 ketuk yaitu tak-tak-tak-tit, atau kita ilustrasikan tak-tak-tak-tit itu menjadi 1-2-3-4 . Maka, 1 ke 2 itu disebut ketukan, begitu juga 2 ke 3 atau 3 ke 4 sedangkan 1-2-3-4 adalah bar atau 1 bar utuh. Untuk 12 bar blues yang dimaksud berarti kita memerlukan 1-2-3-4 sebanyak 12x.
Masih bingung? mungkin gambar berikut bisa membantu

ilustrasi-12-bar-blues

Digambar tersebut kita hanya membahas 12 barnya saja (sama sekali tidak berkaitan dengan blues). Mudah-mudahan sudah dapat dipahami apa maksud 12 bar tersebut. Selanjutnya kita juga harus mengenal istilah chord progression dan ini sangat penting dan saling berkaitan.

Chord Progression / Progesi Akor Pada Gitar Blues

Chord Progression adalah bentuk dari beberapa kunci/chord gitar yang dimainkan dalam bagian lagu. Dalam hal ini kita membahas belajar gitar blues dasar yang identik dengan 3 kunci/chord, didalam blues 3 chord tersebut adalah I – IV – V (itu adalah angka romawi, biar gampang kita sebut saja 1 – 4 – 5) yang maksudnya adalah nada ke 1 – 4 – 5 dari nada dasar yang dimainkan.

Nanti kita akan kembali ke Chord Progression setelah anda paham dengan nada dasar.

Nada Dasar Mayor

Gampangnya nada dasar mayor itu berbunyi do-re-mi-fa-sol-la-si-do dan diilustrasikan dengan angka menjadi 1-2-3-4-5-6-7-i . Artinya 1 = do, 2 = re, dst.

Jika kita memainkan nada dasar mayor (1-2-3-4-5-6-7-i) maka untuk mayor C nadanya adalah C-D-E-F-G-A-B-Ć dan Chord Progression Blues ( I – IV – V atau 1 – 4 – 5 ) menjadi C – F – G . inilah yang menjadi patokan Chord Progression Blues dasar C.

Kita kembali ke 12 bar blues yang diatas. Blues umumnya chord yang digunakan mengandung chord7 dan 9, misal untuk hal ini menjadi C7,F7,G9. Untuk memperkaya bisa disisipkan chord minor juga tapi tetap tidak lepas dari korodor I – IV – V nya.

Dasar 12 Bar Blues itu I-IV | I-I | IV-IV | I-I | V-IV | I-V . ini yang dijadikan chord 12 bar itu, misal

Jika main dari

  • Dasar C chordnya menjadi = C7-F7|C7-C7|F7-F7|C7-C7|G7-F7|C7-G7
  • Dasar A chordnya menjadi = A7-D7|A7-A7|D7-D7|A7-A7|E7-D7|A7-E7, dst

Chord-chord tersebut adalah dasarnya jadi masih bisa dikembangkan.

Jadi ‘kesimpulan’ dari 12 Bar Blues itu : untuk menentukan chord apa yang digunakan.

 

Scale-Scale Blues Yang Dapat Digunakan Untuk Isian Melodi Gitar Blues.

Jelas dari scale-scale diatas akan memberikan nuansa blues yang berbeda-beda. Improvisasi kombinasi akan membuat permainan kita lebih greget. Dan akan lebih wah jika kita dapat mengaplikasikan scale kromatiknya disaat-saat tertentu.

 

CATATAN : Untuk bahasan scale-scale ini semua kita menggunakan dasar C biar seragam.

Sebelum kita lanjutkan saya harus membahas jarak nada terlebih dahulu agar mudah difahami materi-materi selanjutnya.
Jarak nada jika diaplikasikan pada fret stang gitar artinya

  • Dari kolom 1 ke kolom 2 berjarak nada = 1/2, (longkap 1 kolom)
  • Dari kolom 1 ke kolom 3 berjarak nada = 1 , (longkap 2 kolom)
  • Dari kolom 1 ke kolom 4 berjarak nada = 1 ½ , (longkap 3 kolom)
  • Dari kolom 1 ke kolom 5 berjarak nada = 2 , (longkap 4 kolom)

Artikel postingan ini agak panjang & bergambar. Agar loadingnya cepat (gak lemot) saya bagi artikel ini menjadi 3 post.   >> Next (pendalaman materi gitar blues) klik 2

kursus gitar

Melodi Gitar

Posted Leave a commentPosted in Belajar Gitar, Buku Gitar, Kursus Gitar, Kursus Gitar Online, Kursus Musik, Privat Gitar

Pembelajaran melodi gitar ini diperuntukan lebih ke gitar elektrik tingkat menengah. “Biar gak bingung untuk belajar scale melodi gitar ini” Setidaknya jika anda ingin mempelajari halaman melodi gitar ini pastikan anda sudah mengetahui tingkat dasar cara baca  tabulasi dan fingerboard. Jika belum, anda bisa kunjungi blognya disini tabulasi-fingerboard lalu ke blog selanjutnya dengan isian materi : scale blues minor & major serta variasi 1,2,3,4.

Materi melodi gitar dihalaman ini adalah lanjutan dari halaman sebelumnya yaitu belajar gitar blues. Yaitu membahas scale gitar penunjang untuk belajar gitar blues. Sedangkan belajar scale gitar blues dasarnya sudah dibahas di halaman belajar gitar blues tsb.

Materi Penunjang Untuk Melodi Gitar Blues (scale gitar)

  • Pentatonic Scale (minor)
  • Major Pentatonic Scale
  • Dominant Pentatonic Scale
  • Chromatic Scale

Berikut beberapa pembahasan belajar scale gitar diatas :

Cat : Pengertian dasar : Pemahaman Pentatonic terhadap Heptatonic/Major Diatonic

Pentatonic gampangnya diartikan dengan 5 not dari not heptatonic/Major Scale yang berisi 7 not. Scale Major umumnya kita kenal dengan 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 7 – 1’ (do-re-mi-fa-sol-la-si-do’).
Untuk melodi gitar pentatonic minor/mayor, 5 not tersebut adalah do-re-mi-sol-la (1 – 2 – 3 – 5 – 6 ). Dalam artian membuang not fa & si (4 – 7) dari scale mayor tersebut.

Pentatonic Minor

Ingat 5 not yang diambil dari major scala.
Catatan : pentatonic minor dimulai dari nada ke 6 (la) sebagai rootnya sedangkan pentatonic mayor dari 1 (do).
Untuk melodi gitar pentatonic minor nadanya adalah = 6 – 1 – 2 – 3 – 5 – 6’ (6’ adalah oktaf).
Jarak nadanya = 1 ½ – 1 – 1 – 1 ½ – 1

Perhatikan gambar melodi gitar pentatonic minor berikut

pentatonic-minor

Pentatonic Major

Untuk melodi gitar pentatonic Major nadanya adalah = 1 – 2 – 3 – 5 – 6 – 1’   (1’ adalah oktaf).
Jarak nadanya = 1 – 1 – 1 ½ – 1 – 1 ½.
Perhatikan gambar melodi gitar entatonic mayor berikut :

pentatonic-major

Kesimpulan :Perbedaan dan kesamaan pentatonic minor dan mayor.

Catatan : Perbedaan gambar molodi gitar pentatonic minor & mayor adalah hanya terletak pada nada awalnya saja (root), dengan isian pola/pattern yang sama persis.

perbedaan-pentatonic-minor-major

pentatonic-minor-major

Scale gitar ini dapat diaplikasikan untuk lagu dengan nada dasar minor/major, blues, dll. Scale gitar ini sering sekali digunakan oleh para gitaris-gitaris dunia. Rasanya menambah koleksi belajar scale gitar ini akan menambah karakter permainan melodi gitar kita… Jadi loe harus coba yaa…
Mudah-mudahan sampai disini anda paham antara Minor dan Mayor Pentatonic Scale, sekali lagi perbedaannya hanya pada rootnya saja.

Jika anda ingin dipandu melalui buku kumpulan teori2 melodi gitar elektik silahkan klik disini

OK kita lanjut materi melodi gitar selanjutnya.

Dominant Pentatonic Scale

Dominant Pentatonic Scale akan terasa perbedaan nuansanya jika dibandingkan dengan minor pentatonic scale, yang cukup terasa adalah interval di 3 nada pertama. Scale gitar ini dapat dimainkan dichord utama atau dominant, anda dapat coba menuangkannya pada saat solo melodi gitar blues & neoclassic dengan memanfaatkan chord dominant tsb.

melodi gitar dominan-pentatonic

 Jika artikel MELODI GITAR ini bermanfaat bagi anda artinya ada kemungkinan juga bermanfaat untuk orang lain, saya berterima kasih jika artikel ini anda bantu share ke sosial media anda, agar artikel ini semakin luas & melebar serta bermanfaat.

Chromatic Scale

Scale gitar berikutnya adalah “Chromatic Scale” terdiri dari 12 nada (semua kumpulan nada yang ada)

melodi-gitar chromatic-scale

Untuk awal dan yang awam sangat sulit memaknai scale gitar ini. Ketepatan waktu dan pilihan nada menjadi prioritasnya. Bagi yang awam akan merasa seperti ada nada sumbang, tapi jika diasah anda akan paham dasyatnya scale kromatik ini jika dituangkan pada melodi gitar blues.

Ada rangkuman buku yang mempermudah anda…
Untuk belajar gitar ROCK (langsung dari WA instruktur gitar) bisa klik    >>disini

Tak perlu segan untuk bertanya atau menambahkan materi serta saran anda melalui kotak komentar dibawah. Agar materi ini semakin lebar dan bermanfaat.

Materi lanjutan tentang 12 bar Blues dan Mayor/Minor Scalenya… >>>klik disini

Pilih Materi Selanjutnya
 << Klik >> 

Salam Gitar… and Selamat mencoba

Mau Kursus Online…!!?

Lokasi Seluruh Indonesia & Manca Negara, Berikut guru-guru kami…
GURU ROCK


GURU FINGERSTYLE or CLASSIC

Info Kursus Gitar ONLINE

Untuk info harga kursus murah klik     “GesanG Music Course”
harga kursus online klik    “GesanG Music Online”
harga privat (guru kerumah anda)     “GesanG Music Privat”

Rafi

GesanG Music Course
progresi mayor

Belajar Gitar Fingerstyle | Pop

Posted 4 CommentsPosted in Belajar Gitar, Buku Gitar, Kursus Gitar, Kursus Gitar Online, Kursus Musik, Privat Gitar

Belajar gitar fingerstyle-pop dasar jika metodenya benar sebetulnya tidak akan sesulit yang anda bayangkan, karena anda tidak perlu terlalu banyak menghafal materi dari segudang sumber yang anda dapat. Ikutin deh sob tips berikut ini.

Kali ini saya akan menggunakan metode semi tabulasi-not balok dalam belajar fingerstyle ini agar lebih mudah tetapi tetap rinci pada not-notnya. Dan materi rincinya sebagai berikut :

~ Pengenalan kunci/chord dasar pada gitar (kunci umum pada belajar fingerstyle gitar).
~ Notasi (meliputi tabulasi, not balok dan tabulasi-not balok).

Belajar Gitar Fingerstyle

Pengenalan Kunci/Chord Dasar Pada Gitar.

Secara dasar dimateri belajar gitar fingerstyle ini membahas tangga nada Mayor dan Minor terlebih dahulu. Pengembangan lainnya anda bisa lihat di halaman lain masih di website ini, contoh >>

Apa sih tangga nada mayor itu : Gampangnya yang biasa kita dengar itu do-re-mi-fa-sol-la-si-do’. Ya itulah tangga nada mayor, berisi 7 not dan do’ terakhir adalah oktaf.
Jika nada dasarnya C Mayor maka family chord/kuncinya adalah C – Dm – Em – F – G – Am – Bdim

Beginilah bentuk chord fingerstyle nya

progresi C

belajar gitar fingerstyle

Bagi yang masih dasar belajar gitar fingerstyle, anda tidak perlu belajar terlalu banyak bentuk chord (biar gak pusing and malah jadi BT). Hafalkan saja chord yang diatas “family chord C” ini, karena mereka itu bersaudara…hehehe jadi saling terikat erat.

Dengan menghafal hanya 7 kunci gitar diatas anda sudah dapat memainkan jutaan lagu dengan gitar fingerstyle

Contoh lagu : Pelan-pelan saja (Kotak Band)

[Intro] C F

C     Em     F         G
ku tahu kamu pasti rasa
 C        F   G
apa yang ku rasa
C     Em      F          G
ku tahu cepat atau lambat
   Am    Dm     G
kamu kan mengerti

C  Em      F      G
hati bila dipaksakan
    C     F    G
pasti takkan baik
C     Em       F       G
pantasnya kamu mencintai
       Am     Dm  E  Am
yang juga cintai dirimu
  F      G
 cinta kamu

          F G      C      
lepaskanlah ikatanmu 
        Dm G      C         Em  
dengan aku  biar kamu senang
       F  G       C    Am
bila berat melupakan aku
F         Dm   C
pelan-pelan saja

C    Em      F      G
tak ada niat menyakiti
 C     F    G
inilah hatiku
C    Em        F      G
pantasnya kamu mencintai
       Am     Dm  E  Am
yang juga cintai dirimu
 F      G
cinta kamu

          F G      C      
lepaskanlah ikatanmu 
        Dm G      C         Em  
dengan aku  biar kamu senang
       F  G       C    Am
bila berat melupakan aku
F         Dm   C
pelan-pelan saja

[Solo] Am G F E 
       Am G F E
       Am G F 

Dm      G     C
pelan-pelan saja

          F G      C      
lepaskanlah ikatanmu 
        Dm G      C         Em  
dengan aku  biar kamu senang
       F  G       C    Am
bila berat melupakan aku

Dm       Em   F
pelan-pelan saja

Dm      G     C
pelan-pelan saja

[Outro] C F C 

F              C
pelan-pelan saja

Apa Yang Anda Harus Tau Jika Ingin Belajar Gitar Fingerstyle

Family Chord

Metode belajar gitar fingerstyle selanjutnya akan kita ulas progresi chord yang mengarah ke family chord mayor dasar.

Apa family chord itu..? adalah kumpulan/kelompok chord yang masih 1 keturunan, biasanya untuk lagu-lagu sederhana hanya menggunakan 1 progres chord dalam 1 nada dasar.
Dalam gambar dibawah ini ada 12 kumpulan progres chord. Untuk contoh kita ambil yang paling atas yaitu nada dasar mayor = C sedangkan progres chordnya C – Dm – Em – F – G – Am – Bdim.
Jadi biasanya untuk lagu-lagu sederhana hanya menggunakan diantara 7 chord tersebut. Metode belajar gitar fingerstyle harus menghafal progres chord tersebut, pasti akan mempermudah kita dapat mengelompokan chord.

12 Family Chord Mayor

Ada 12 Progresi Mayor, berikut adalah tabel progresi mayor nya, baiknya anda hafalkan.

progresi mayor
Untuk mempermudah progresi mayor dalam bentuk gambar chord fingerboard

Saya akan membagi menjadi 3 pecahan dari 12 progresi chord diatas (berdasarkan urutan dari yang paling sering digunakan s/d jarang sekali digunakan)

Urutan Family  Chord Yang Sering Digunakan

Family chord mayor yang sering digunakan dalam fingerstyle guitar secara urut  : C – G – D. Chord fingerstyle ini wajib anda hafalkan karena sangat sering digunakan pada lagu pop & rock pada umumnya seperti lagu Kotak tadi.

belajar gitar fingerstyle

Tingkat kedua yang sering digunakan dalam chord fingerstyle adalah : A – E – F. Anda boleh menghafalkan juga chord-chord berikut. Chord fingerstyle ini menjadi sunnah jika dihafalkan…hehehh

progresi mayor chord 2

Tingkat ketiga ini agak/jarang digunakan : C# – D# – F# – G# – A# – B . Anda boleh menghafalkan nanti. Biasanya chord-chord tersebut digunakan pada pergeseran nada dasar karena terlalu tinggi atau terlalu rendah pada vocal.

progresi mayor chord 3

Kesimpulan 1 : Setelah anda belajar gitar fingerstyle diatas dan mampu memahami dan memainkan progresi mayor dan chord diatas, maka anda sudah dapat memainkan lagu-lagu pop/rock tertentu.

Artikel belajar gitar fingerstyle ini sangat panjang, bergambar dan beraudio. Agar loadingnya cepat (gak lemot) saya bagi artikel ini menjadi 2 post.

>> Next (pendalaman materi gitar). klik 2

belajar gitar

Belajar Gitar

Posted 3 CommentsPosted in Belajar Gitar, Buku Gitar, Guru Gitar, Kursus Gitar, Kursus Gitar Online, Kursus Musik

Belajar gitar kali ini saya akan membedakan menjadi 3 katagori, karena metode belajar gitarnya pasti berbeda :

  • Belajar Gitar Elektrik
  • Belajar Gitar Klasik anda bisa klik disini.
  • Belajar Gitar Fingerstyle/pop anda bisa   >>klik disini.
  • Jika anda sudah paham dengan materi ini anda bisa langsung ketingkat lanjutan   >>klik disini (belajar melodi gitar)


Apa yang anda dapatkan dari blog ini :

  • Diblog ini dilengkapi contoh audio yang dapat langsung anda manfaatkan untuk belajar gitar.
  • Cara stem gitar menggunakan aplikasi smartphone.
  • Mengenal nada di setiap kolom/fret gitar.
  • Membedah tabulasi/TAB gitar s/d semi & tabulasi not balok.
  • Gambar tabulasi yang dituangkan ke fingerboard/stang gitar dan cara mengaplikasikannya.
  • Belajar tangga nada mayor/major scale dengan beberapa pola.
motifasi
Motifasi belajar gitar

Belajar Gitar Elektrik

Diblog ini pembahasanya kumplit dan panjang artikelnya, dan bagian ini masih “dasar” (anda dapat scroll kebawah jika sudah memahami cara stem gitar atau yang lainnya)

Cara Stem Gitar (tuner)

Cara belajar gitar yang paling pertama adalah mencari tau bahwa gitar anda tidak sumbang/fals.
Sekarang banyak sekali Aplikasi Android/iOS yang anda dapat gunakan untuk menala/stem gitar anda, saya biasanya menggunakan aplikasi PitchLab Guitar Tuner

guitar-tuner

Caranya setelah anda instal anda tinggal menyocokkan senar 1 dengan E4, senar 2 dengan B3, dst.
Atur tinggi rendah nada hingga garis senar yang menyalah (pink) berbentuk garis lurus. Jika melengkung ke atas artinya nada terlalu tinggi, jadi kendurkan senar anda dan begitupun sebaliknya.
Setelah selesai baiknya anda koreksi ulang sekali lagi karena ketegangan senar yang anda stem akan mempengaruhi posisi steman senar yang lain.

Catatan : Sebaiknya anda juga menyetem gitar secara manual agar terlatih hearing & feeling anda.

 

Nada Pada Kolom Gitar

Untuk bunyi nada disetiap kolom gitar anda bisa lihat gambar berikut

nada-pada-gitar

 

Belajar Not Gitar | Tabulasi | TAB

Adalah not gitar yang terdiri dari angka yang ditulis pada gambar senar gitar. Bentuk tabulasi ini akan jauh lebih mudah ketimbang not balok.
Sarat mutlak untuk menjadi gitaris adalah anda harus paham tabulasi/TAB ini.
Karena menjadi kewajiban untuk mengerti, diartikel belajar gitar ini saya ulas dengan rinci agar mudah difahami. jadi tidak ada alasan lagi untuk “tidak mau” dipelajari ya sob.
Tabulasi/Tab ini bakal anda temui dimanapun anda belajar gitar, terlebih jika niat anda ingin memperdalamnya sampai tingkat terampil atau mahir.

Siapkan gitar dan pick anda sekarang…!!
Coba perhatikan gambar cara baca not gitar/tabulasi berikut

tab1

Catatan PENTING : Garis yang berwana hitam adalah senar gitar. Anda harus perhatikan bahwa senar 1 pada gambar tabulasi berada diatas (sedangkan senar 1 pada gitar adalah senar paling bawah). Sekali lagi itulah yang anda harus perhatikan.

Angka yang ditengah garis hitam (senar gitar) menunjukan kolom gitar yang harus ditekan dan dipetik.
Sedangkan gambar fingerboard seperti ini :
(fingerboard adalah cara mudah mengaplikasikan not gitar langsung ke stang gitar anda)

fingerboard

Metode belajar gitar fingerboard ini biasanya digunakan ditempat-tempat kursus, termasuk ditempat kursus saya GesanG Music Course. Metode fingerboard ini biasanya untuk belajar gitar dasar seperti belajar scale gitar (mayor scale, minor scale, pentatonic scale, blues scale, diminished scale, dll).

Untuk cara baca fingerboard ini saya rasa sudah jelas ya, anda harus mengaitkan beberapa gambar lainnya diatas. Tambahan,… untuk titik merah yang berlubang adalah “root” atau nada awal sedangkan titik hitam berlubang itu adalah root sekaligus oktaf (naik 1 oktaf)…. atau gampangnya yg merah berlubang itu Do rendah dan yang hitam berlubang Do tinggi.

Sebagai ilustrasi langsung dalam stang gitar sebagai berikut

ilustrasi

Keterangan gambar :
  • Merah adalah kolom 5 – 7
  • Biru adalah kolom 4 – 5 – 7
  • Hitam adalah kolom 4 – 6 – 7

Misal angka dengan warna merah ( 5 – 7 ) artinya anda tekan dan petik pada kolom 5 disenar 6 dahulu dan dilanjut tekan dan petik kolom 7 disenar 6.
Begitu juga angka dengan warna biru ( 4 – 5 – 7 ) artinya anda tekan dan petik kolom 4 disenar 5 dahulu lalu kolom 5 disenar 5 lalu kolom 7 disenar 5, dst.
(latihan… mainkan senar 6, 5 dan 4 pada gambar diatas. Jika anda membaca gambarnya dengan benar maka anda akan mendapatkan nada do-re-mi-fa-sol-la-si-do).
Angka ( 0 ) dengan warna hijau artinya petik los senar (tanpa pencet) disenar 1.
Angka 2 yang menumpuk berurutan cara memainkannya adalah pencet senar 2 – 3 – 4 kolom 2 dan strum/jreng (kocokan gitar) sekalius.
Angka kecil berwarna ungu adalah tugas jari kiri (lihat gambar sebelumnya agar gak gagal paham…hehehe)
Sedangkan garis putus-putus hanya garis bantu saja ya sobat agar lebih jelas arahnya.

gampangkan…

Artikel belajar gitar ini sangat panjang, bergambar dan beraudio. Agar loadingnya cepat (gak lemot) saya bagi artikel ini menjadi 3 post.

>> Next  klik 2